SMKN 1 PANDEGLANG - BANTEN

Jl. Raya Labuan Km. 05 Kadulisung,Kaduhejo, Pandeglang 42253

SMKN 1 Pandeglang - Ber-SATU

Profil Seni Pertunjukan

Sabtu, 04 Juni 2022 ~ Oleh Rusman Hendro Susanto ~ Dilihat 733 Kali

A. Visi Program Keahlian Seni Pertunjukan

1. Visi

 “Menjadi Program Keahlian yang berkualitas, berkarakter, dan mampu menghasilkan lulusan yang terampil, siap dan memiliki kompetensi di bidang seni dan ekonomi kreatif”.

2. Misi

  1. Mengembangkan kreatifitas dan kompetensi siswa dalam bidang seni pertunjukan di Indonesia
  2. Mendukung program pemerintah dalam pengembangan bisnis dan industri seni pertunjukan di Indonesia
  3. Menghasilkan siswa-siswi berprestasi
  4. Mampu bersaing di pasar kerja khususnya di bidang seni dan ekonomi kreatif.

Program keahlian Seni Pertunjukan berdiri mulai tahun 2016 dengan kompetensi keahlian Tata Artistik Teater, kemudian pada tahun 2018 berdasarkan peraturan perdirjend Nomor: 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kompetensi keahlian TataArtistik berubah menjadi Kompetensi Keahlian Tata Artistik Teater yang sekarang pada kurikulum yang diterapkan di SMK Pusat Keunggulan penamaan Kompetensi Keahlian berubah menjadi Program keahlian Seni Pertunjukan.

Program keahlian Seni Pertunjukan pada konteks ini menjadi sebuah trobosan baru dalam dunia seni pertunjukan khususnya dalam bidang Seni dan Ekonomi Kreatif. Seni Pertunjukan pada perencanaanya kedepan akan berbasis pada perkembangan bisnis industrI seni  pertunjukan di Indonesia. Maka dari itu, karakteristik program keahlian Seni Pertunjukan ini akan bertumpu pada perkembangan industri seni pertunjukan yang global. Sehingga hal ini mendorong para siswa untuk lebih aktif dalam eksplorasi peluang-peluang kerja dan berwirausaha dalam dunia seni petunjukan, kemudian pada pelaksanaan pembelajaran diampu oleh guru-guru yang memiliki kompetensi softskill dan hardskill dalam bidang Seni Pertunjukan demi terciptanya siswa lulusan program keahlian seni pertunjukan memiliki daya cipta dan daya saing kuat dalam bidangnya.

 

B. MITRAS DUDI:

  1. TEATER KOMA JAKARTA
  2. THREE MINUTES STUDIO BANDUNG
  3. PUPU_GLS
  4. SALAKA ART PRODUCTION
  5. VI WEDDING ORGANIZER
  6. RUANG KREATIF HALAMAN BUDAYA
  7. TEATER GURIANG

 

  1. PROFESI BIDANG SENI PERTUNJUKAN:
  • PERFORMER
  • DIRECTOR
  • ACTOR
  • DESAINER
  • ENTERTAINER