Sejarah

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pandeglang awalnya bernama Sekolah Menengan Ekonomi Atas (SMEA) Negeri Pandeglang. Didirikan pada tanggal 1 Agustus 1965 dengan SK Nomor : 740/B-3/Kel yang berlokasi di Jl. Gunung Karang, Cihaseum, Pandeglang. Pada tanggal 22 Juli 1993 SMEA Negeri Pandeglang pindah ke lokasi baru, di Jalan Raya Labuan Km. 05 Kadulisung, Pandeglang. Kemudian namanya berubah menjadi SMK Negeri 1 Pandeglang Kelompok Bisnis dan Manajemen.

Untuk mengantisipasi perkembangan IPTEK, SMK harus mampu menghasilkan calon tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang memperkokoh kesesuaian dan kesepadanan antara sekolah dengan dunia kerja, maka sejak tahun 1996 SMK Negeri 1 Pandeglang telah menerapkan pola Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dengan diselenggarakannya Praktik Kerja Industri (Prakerin).

Dalam menjamin kualitas tamatan, SMK Negeri 1 Pandeglang selalu mengadakan sistem pengujian dalam kompetensi keahlian (Uji Kompetensi/Ujian Kompetensi Keahlian Praktik)) dan bagi siswa yang telah berhasil menempuh ujian tersebut berhak mendapatkan sertifikat yang menerangkan kualifikasi dan kemampuan yang dapat memberikan jaminan kewenangan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya.

Sampai saat ini SMK Negeri 1 Pandeglang mempunyai 3 bidang studi keahlian yang terdiri dari 6 kompetensi keahlian. Bidang studi keahlian yang dimaksud adalah: 1) Bidang Studi Keahlian Bisnis dan Manajemen; 2) Bidang Studi Keahlian Seni, Kerajinan, dan Pariwisata; dan 3) Bidang Studi Keahlian Teknologi.

Kemajuan pesat SMKN 1 Pandeglang, baik dari segi fisik, prestasi dan jumlah siswa merupakan salah satu pertimbangan Dinas Pendidikan Pandeglang untuk mengusulkan SMKN 1 Pandeglang, menjadi Rintisan Sekolah Berstandar Internasional. Apalagi saat ini SMKN 1 Pandeglang telah menerapkan Sistem Manajemen ISO 9001 : 2008. Manajemen berstandar Internasional ini diharapkan dapat membawa SMKN 1 Pandeglang lebih maju dan  siap berkompetisi dalam interaksi global.